Kemenangan di markas Brighton akan membuat The Citizens juara musim ini terlepas apa pun hasil yang diraih Liverpool.

Manchester City bakal berjuang habis-habisan untuk meraih kemenangan dalam laga pamungkas musim ini di kandang Brighton and Hove Albion, Minggu (12/5) malam WIB, guna menentukan nasib mereka menjadi kampiun Liga Primer Inggris.

The Citizens saat ini memuncaki klasemen dengan 95 poin, unggul satu atas Liverpool di posisi kedua. Kemenangan di Falmer Stadium akan langsung memastikan gelar juara bagi City, terlepas apa pun hasil yang diraih Liverpool.

Peluang untuk menang sangat terbuka lebar bagi pasukan Pep Guardiola karena berada dalam tren super positif setelah memenangkan 13 laga terakhir di Liga Primer secara beruntun. Sebaliknya, Brighton belum pernah menang dalam delapan laga terakhir sejak Maret lalu.

Meski selalu menang dalam empat pertemuan terakhir lawan Brighton, Guardiola menekankan kepada anak asuhnya untuk tetap fokus meraih hasil optimal demi memastikan nasib mereka sendiri dan sukses mempertahankan titel juara.

"Yang pertama, ini ibarat mimpi bisa berada di sini. Saya tidak menyangka, ketika itu kami tertinggal tujuh poin dari Liverpool, hingga akhirnya berada di sini," ujar Guardiola.

"Kami telah menunjukkan banyak hal tapi ini bukan saatnya untuk mengatakan betapa baiknya yang telah kami lakukan. Kami memiliki peluang untuk bisa menjadi juara asalkan kami memenangkan laga ini dan itulah yang harus kami lakukan."

"Jika kami mempertahankan titel maka itu akan menyenangkan, tapi tidak akan ada perubahan besar. Fakta bahwa kami telah melakukan hal luar biasa di semua kompetisi dan sekarang kami punya dua laga, dua final, untuk dua trofi."

Brighton sudah tak punya kepentingan apa pun untuk laga ini, setelah mereka dipastikan aman dari jurang degradasi yang memakan korban Cardiff City, Fulham dan Huddersfield Town. Namun manajer mereka, Chris Hughton ingin menutup musim dengan kenangan indah.

"Ini adalah laga kandang bagi kami. Terlepas dari hasil kami lawan tim-tim besar, filosofi kami selalu sama yakni mencari cara untuk bagaimana memenangkan pertandingan ini?" kata Hughton.

"Kebetulan laga ini memiliki banyak makna dan kami harus menyikapinya dengan respek yang memang dibutuhkan. Kami akan mencoba semaksimal mungkin untuk meraih hasil terbaik."

Duo penggawa City, Fernandinho dan Kevin De Bruyne masih mengalami cedera dan bakal kembali absen. Kapten Brighton, Bruno akan memainkan laga terakhirnya bersama Brighton setelah mengumumkan akan pensiun sebagai pesepakbola selepas musim ini.

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Brighton & Hove Albion (4-2-3-1): Ryan; Bruno, Duffy, Dunk, Bernardo; Stephens, Bissouma; Knockaert, Gross, March; Murray

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Kompany, Laporte, Zinchenko; Foden, Gundogan, David Silva; Bernardo, Aguero, Sterling

Sumber: https://www.goal.com/id/pertandingan/brighton-hove-albion-fc-v-manchester-city-fc/preview/dnklvni2kef4sxq8v2tlgox9m